9 Kunci hidup bahagia- Agar tidak stress dengan keras nya hidup

9 Kunci hidup bahagia
- Tidak membenci
- Tidak mengeluh
- Bersangka baik
- Merendah diri
- Mudah memaafkan
- Hindari permusuhan
- Bersedekah
- Selalu tersenyum
- Tidak dengki & irihati
1.Tidak membenci
merasa sangat tidak suka (tidak menyenangi); benci kepada
contoh: 'karena sifatnya yang buruk itu, banyak orang yang tidak suka
Jangan membenci siapapun, tidak peduli berapa banyak mereka bersalah padamu.
- Ali bin Abi Thalib

2.Tidak mengeluh
Tidak mengeluh bisa diartikan bahwa seseorang memilih untuk beradaptasi. Sayangnya tidak mengeluh juga tidak selamanya positif. Selain tidak mengeluh berarti memendam di dalam hati, berikut ini saya berikan contoh :

Dalam dunia kerja, para staff cenderung lebih banyak mengeluh (termasuk saya) dan walaupun tanpa data survey, kebanyakan staff mengeluh karena ketidakmampuan beradaptasi (termasuk saya). Pertanyaan besar berikutnya adalah : Mengapa lebih cenderung menyalahkan individu yang tidak mampu beradaptasi daripada menyalahkan kondisi yang ada ? Anda ingat Martin Luther King, Sang Pejuang Anti-apartheid ? Tuan Martin sebelum menapaki perjuangannya, beliau pasti hidup di dalam masyarakat yang menerapkan Politik Apartheid. Sebagai manusia, saya yakin beliau pasti ada mengeluh mengenai kondisi masyarakat yang menerapkan Politik Apartheid. Lalu, kenapa beliau tidak menyesuaikan diri malah menggulingkan Apartheid ? Bukankah lebih baik beradaptasi dengan yang ada ? (sesuai dengan prinsip daripada mengeluh, lebih baik merespon dengan beradaptasi). Jika pertanyaan terakhir diajukan, maka ada pertanyaan baru lagi : Apa batasan kita melakukan adaptasi ? Sebagian dari anda mungkin menjawab, "manusia itu punya ego, tidak ada yang mau disalahkan. Oleh karenanya menyalahkan lingkungan / kondisi" Ini jawaban yang sangat membuta yang sengaja dilontarkan oleh pihak-pihak tertentu yang merasa diuntungkan dengan kondisi yang ada di mana kondisi ini tidak perlu diubah. Dengan demikian, pihak-pihak tersebut juga memiliki ego-nya sendiri.

3.Bersangka baik
PRASANGKA BAIK, disebut juga dengan Husnudzan, yakni sikap mental seseorang yang senantiasa melihat segala sesuatu dengan pandangan yang baik dan positif. ... PRASANGKA BURUK, disebut juga dengan Suudzan, yakni sikap mental yang senantiasa berpandangan negatif atau buruk atas segala sesuatu hal.

4.- Merendah diri
Adakalanya kita merasa minder atau rendah diri ketika melihat teman-teman kita telah sukses tetapi kita sendiri masih biasa-biasa saja. Umumnya, rasa rendah diri ini muncul tanpa disadari dan orang yang mengalaminya akan melakukan berbagai macam kompensasi yang berlebihan sebagai cara untuk mengatasi rasa rendah diri.

5.Mudah memaafkan
Memaafkan merupakan kegiatan mengabaikan atau melupakan kesalahan yang telah diperbuat oleh orang lain pada masa lalu terhadap kita, dan kemudian melakukan perbaikan hubungan sebagaimana dilakukan sebelum terjadinya kesalahan tersebut. Proses memaafkan sejatinya bukan hanya terjadi antara diri kita dengan orang lain, tetapi juga dengan diri kita sendiri. Berdamai dengan rasa membenci yang ada dalam diri sendiri, dan berdialog dalam diri sendiri sehingga kemudian menghasilkan kesimpulan memaafkan seseorang, merupakan proses pergulatan yang mungkin saja rumit dalam diri seseorang. Dan tentu saja proses tersebut tidak kelihatan. Dalam konteks ini kesalahan yang terjadi adalah akibat adanya hubungan antar manusia sebagai dampak dari adanya kegiatan manusia yang harus dilakukan bersama dengan orang lain. Memaafkan lebih banyak berkaitan dengan kegiatan afektif dari pada logika, itulah sebabnya memaafkan lebih berkaitan dengan urusan hati dari pada urusan otak.

6.Hindari permusuhan
HINDARI PERMUSUHAN DI MEDSOS, WAGUB HADI MENGIMBAU JANGAN BUAT STATUS ATAU KOMENTAR MENYINGGUNG
Fasilitas media sosial berupa akun whatsapp (WA) maupun facebook (FB) selain mampu meningkatkan silaturahim. Juga, bisa memecahbelah bahkan membuat permusuhan diantara teman dan keluarga yang berjauhan. Karenanya, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengingatkan masyarakat harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi seperti fasilitas akun di media sosial (medsos).

Menurut dia, jangan sampai status ataupun komentar di medsos itu bukannya menambah keakraban sesama teman dan keharmonisan dalam keluarga tetapi sebaliknya. "Jangan buat status atau komen di grup WA maupun facebook yang memancing bahkan menyinggung. Akibatnya berkelahi sesama kawan. Ada juga bermusuhan dalam keluarga," 

7.Bersedekah

Cinta bersedekah dan berbagi memiliki tautan yang lekat dengan kemanusiaan. Ada upaya dan usaha yang dilakukan untuk menggapai cinta bersedekah. Sedekah itu ibarat sebuah tumbuhan, berawal dari bibit, menjadi tumbuhan muda, hingga menjadi pohon yang menjulang.

Sedekah yang dilakukan meski sedikit tapi rutin, pastinya bakal menjadi tumpukan kebaikan untuk mu dan keberkahan bagi mereka yang telah merasakan dari kebaikan yang telah kau berikan. Tak akan ada yang sia-sia dalam kebaikan yang telah dilakukan. Karena cinta bersedekah bukan tentang materi, tapi ini soal meresapi fitrah seorang manusia yang menjadi kemanusiaan, di mana ada rasa saling membutuhkan dan memberikan untuk orang-orang yang membutuhkan.

“Engkau tak akan mendapatkan kebaikan apa pun hingga kalian menyedekahkan sebagian harta yang paling kalian cintai. Ketahuilah, apa pun yang kalian infakkan, Allah pasti mengetahuinya.” (QS. Ali Imran: 92)

8.Selalu tersenyum


log

LIGA INGGRIS

Duel penentuan pemuncak klasemen Liverpool kontra Tottenham pada Kamis dini hari nanti. Klik di sini

HomeRaga

39 Kata-kata Bijak tentang Senyum, Berbagi Kebahagiaan Sederhan

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 19 Jun 2020, 18:20 WI

Sering Tersenyu

Ilustrasi Wajah Tersenyum Credit: freepik.co


Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang senyum membuatmu tersadar betapa indah dan berharganya sebuah senyuman. Meski terkesan sederhana, tersenyum memberikan dampak yang luar bias


Tersenyum tak hanya bisa menyenangkan orang-orang sekitar, tetapi menurut penelitian senyum bisa berkontribusi pada kesehatan. Beragam cara bisa dilakukan agar bisa tersenyum dengan tulus dan ikhla


Satu di antara caranya ialah dengan selalu bahagia. Bisa selalu bahagia tak harus dengan hal-hal besar dan mewa


Banyak hal-hal sederhana yang bisa mendatangkan kebahagiaan. Jika kamu sudah merasa bahasia, tentunya akan mudah untuk bisa tersenyu


Kamu bisa memahami betapa penting tersenyum buat diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, kamu bisa memaknai senyuman lewat kata-kata bijak senyu


Melalui kata-kata bijak senyum, kamu menjadi paham dan menghargai arti sebuah senyuman. Hanya dengan senyum sederhana bisa menumbuhkan energi positif dalam dirimu 

9. dengki atau hasad, 

adalah suatu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak memiliki suatu keunggulan—baik prestasi, kekuasaan, atau lainnya—menginginkan yang tidak dimilikinya itu, atau mengharapkan orang lain yang memilikinya agar kehilangannya.

Lukisan seorang wanita dengan iri hati obsesif, karya ThΓ©odore GΓ©ricault

Bertrand Russell, seorang filsuf dan peraih hadiah Nobel Sastra, mengatakan bahwa iri hati adalah salah satu penyebab utama ketidakbahagiaan. Orang yang iri hati tidak hanya menyebabkan ketidakbahagiaan bagi dirinya sendiri, orang tersebut bahkan mengharapkan kemalangan orang lain. 

Komentar

Postingan Populer